Kayu Sonokeling

2015-12-1614:34:41

Sonokeling (Dalbergia latifolia Roxb), kayu ini masuk kedalam kelas Leguminosae

 

Ciri Umum:

Warna: teras berwarna kecoklatan dengan garis-garis berwarna agak hitam, gubal berwarna putih keabu-abuan. Corak: permukaan bercorak indah berkat adanya garis yang berlainan warnanya. Tekstur: hampir halus. Arah Serat: lurus sampai berombak. Kilap: permukaan licin dan agak mengkilap. Kekerasan: sedang sampai keras.

Ciri Anatomi:

Pembuluh/Pori: baur, soliter dan sebagian berganda radial yang terdiri dari atas 2-3 pori, jumlah sekitar 5-8 per mm2, diameter tangensial sekitar 80-175 mikron, beidang perforasi sederhana, berisi endapan berwarna merah kecoklatan. Perenkima: agak banyak, bertipe paratrakea selubung sayap sampai bentuk sayap dan pita konfluen. Jari-jari: sempit sampai lebar, yaitu dari 1 seri sampai 4 seri, pendek, terdiri atas 7-8 sel, jumlahnya sekitar 8-12 per mm arah tangensial, dan pada bidang tangensial tampak ada tanda kerinyut.

Sifat dan Kegunaan:

Berat Jenis: kayu berat sedang sampai berat, dengan berat jenis rata-rata 0,83 (0,77-0,86); Kelas Awet: I; kelas kuat: II. kegunaan: bahan  perabot rumah tangga kelas tinggi, vinir indah, rangka pintu dan jendela, alat musik, barang ukiran, kayu perpatungan, barang yang perlu dilengkungkan. Kayu Sonokeling juga sering digunakan sebagai bahan dasar furniture dan industri kayu baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Nama Lain:

Angsana brits, sonosungu (jawa)

Jenis yang mirip:

sonosiso (Dalbergia sissoides)

 

Sumber Rujukan
Mandang, Yance I dan I ketut Nuridja Pandit, 1997. Pedoman Identifikasi Jenis Kayu di Lapangan. PROSEA  Bogor.

 

 

 

Berbicara masalah kayu, terutama sebagai bahan untuk membuat furniture, mebel maupun barang-barang berkualitas lainnya yang terbuat dari bahan kayu mungkin akan sedikit membuat anda merasa kebingungan. Karena memang dari  sekian banyak jenis kayu yang dapat digunakan untuk membuat barang-barang seperti tersebut diatas, jenis kayu manakah yang memiliki kualitas paling baik? Setiap jenis kayu pastilah memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan dan kekurangan dari salah satu jenis kayu yang ada, yaitu Kayu Sonokeling.

Keunggulan dan Kekurangan Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling merupakan salah satu jenis kayu keras yang indah dan mewah. Kayu Sonokeling ini banyak dimanfaatkan untuk membuat barang-barang yang berkualitas tinggi karena memang kayu ini memiliki kualitas yang baik. Namun demikian, kayu sonokeling ini juga memiliki beberapa kekurangan, apa saja keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh kayu sonokeling ini?

 

Keunggulan Kayu Sonokeling

  • Serat dan tekstur yang terdapat pada kayu sonokeling memiliki nilai keindahan dan nilai dekoratif sehingga menjadikan barang-barang yang terbuat dari kayu ini terlihat lebih mewah dan menarik.
  • Kayu teras sonokeling sangat awet dan tahan terhadap rayap dan jamur pembusuk kayu yang lainnya.
  • Kayu sonokeling memiliki warna yang cukup unik yaitu berwarna hitam keungu-unguan tanpa harus anda beri pewarna.
  • Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang dikenal indah dan juga kuat, namun demikian harganya lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati. Jadi kayu sonokeling ini akan sangat cocok bagi anda yang menginginkan kualitas kayu yang baik tetapi harganya jauh lebih murah.

Kekurangan Kayu Sonokeling

  • Pada bagian kayu teras sonokeling memang awet dan tahan terhadap serangan rayap dan juga jamur pembusuk kayu, namun tidak untuk bagian gubalnya (bagian tepi atau pinggir kayu). Pada bagian gubal kayu sonokeling sangatlah rentan terhadap rayap maupun jamur pembusuk lainnya, selain itu apabila ditempatkan pada tempat yang lembab, kayu gubal ini akan mudah mengeropos.
  • Kayu sonokeling memiliki warna hitam keungu-unguan secara natural, sehingga bagi anda yang suka dengan warna-warna yang terang tidak akan cocok dengan kayu ini karena kayu ini tidak bisa difinishing dengan warna-warna muda.

Itulah beberapa diantaranya keunggulan dan kekurangan dari kayu sonokeling. Anda sudah tidak ragu lagi bukan jika anda akan memilih barang-barang furniture maupun barang lain yang terbuat dari kayu sonokelingini? Semoga dapat memberikan manfaat kepada anda.